Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Tips Mencegah Osteoporosis di Usia Muda - Osteoporosis selalu dikaitkan dengan wanita yang telah memasuki masa menopause. Karena hal ini dikaitkan dengan hormon estrogen pada wanita, ketika wanita sudah tidak dalam masa 'halangan' maka hormon estrogen berkurang dan ini menjadi pertanda bahwa kepadatan tulang pada wanita juga mulai berkurang.

Walaupun masalah osteoporosis seringkali dikaitkan dengan wanita menopause akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa osteoporosis juga bisa terjadi pada pria dibawah umur 30a tahun atau bahkan 20 tahun, begitu juga wanita pada usia tersebut tanpa dikaitkan dengan menopause. Ini dikarenakan masalah osteoporosis bisa disebabkan oleh banyak hal dan faktor. Jadi sebelum kita bahas lebih jauh tentang tips mencegah osteoporosis di usia muda, terlebih dahulu kita perhaitkan macam-macam osteoporosis (tulang keropos) yang terjadi pada manusia.

Tips Mencegah Osteoporosis
Berdasarkan penyebabnya, Osteoporosis disebabkan oleh 4 sebab, yaitu: osteoporosis postmenopausal yang terjadi karena kekurangan hormon estrogen, ini mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang. Osteoporosis ini terjadi pada wanita yang berusia 40-71 tahun.

Berikutnya adalah osteoporosis senilis terjadi karena kekurangan kalsium, yang terjadi karena masalah keseimbangan dalam tubuh. Osteoporosis senilis terjadi pada pria atau wanita yang berusia 70 tahun ke atas, meskipun wanita lebih beresiko mengalami osteoporosis senilis. Selanjutnya yang berhubungan dengan keadaan medis atau dikenal dengan istilah osteoporosis sekunder. Meskipun hanya dilami oleh 5% penderita osteoporosis akan tetapi gaya hidup yang kurang sehat sangat menentukan resiko terjadinya penyakit osteoporosis sekunder.

Yang ke empat adalah osteoporosis juvenil idiopatik, osteoporosis ini tidak diketahui apa penyebabnya. Jenis ini biasanya terjadi pada anak yang berusia dibawah 20 tahun. Kalau anda terindikasi dengan salah satu jenis Osteoporosis ini maka segeralah menjadi jalan dan tips mencegah Osteoporosis di usia muda ini. Berikut kami shre beberapa cara yang harus anda perhatikan dalam mencegah masalah keropos tulang.

Tips Mencegah Osteoporosis Usia Muda

1. Mengurangi faktor resiko
Hal utama yang harus dilakukan dalam usaha mencegah Osteoporosis dini adalah menghindari resiko terjadi tulang keropos. Salah satunya adalah tubuh yang terlalu kurus, kurus atau kurangnya massa tubuh menyebabkan tulang tidak memproduksi sel, sehingga massa tulang tidak terbentuk.

Faktor lain yang bisa terjadi adalah kesalah gaya ketika tidur, atau terlalu sering duduk, ini juga bisa menjadikan tulang keropos, karena tubuh kurang memproduksi sel tulang.

2. Olahraga yang teratur
Olahraga adalah hal penting dilakukan untuk menstimulasi terjadinya pertambahan massa tulang. Kalau malas dalam berolah raga maka tulang enggan dalam membentuk kepadatan massanya, sehingga Osteoporosis mudah terjadi.

3. Cukup nutrisi
Dalam mencegah Osteoporosis kecupan kalsium sangat penting sehingga tulang sehat selalu. Maka di anjurkan untuk mengkonsumsi 2 gelas susu dalam satu hari, begitu pula dengan mengkonsumsi produk susu. Disamping itu, lengkapi juga dengan mengkonsumsi vitamin D agar penyerapan kalsium bisa maksmal. Tambahkan dengan asupan protein seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan sehingga mengurangi resiko terhadap terjadinya tulang patah.

4. Mengubah gaya hidup
Tips mencegah Osteoporosis di usia muda selanjutnya adalah mengubah gaya hidup kepada gaya hidup sehat. Jangan suka mengkonsumsi minuman bersoda, karena minuman ini akan menghasilkan zat parathyroid yang bekerja untuk melepaskan kalsium dalam darah.

Hindari merokok dan minuman berkafein, karena bisa mengganggu kalsium dalam tulang. Merokok akan mempercepat terjadinya penyerapan dalam tulang sehingga memperbesar resiko Osteoporosis di usia muda.

Demikianlah tips dan cara mencegah osteoporosis di usia muda. Dengan menggantikan gaya hidup dari buruk kepada sehat, maka kesehatan tulang akan bisa dijaga dari keropos dan osteoporosis. Semoga artikel ini bermanfaat

Lihat juga tips menjaga kesehatan jantung