Cara Mencegah Kebotakan Secara Alami

Cara Mencegah Kebotakan secara alami - Kebotakan seringkali menjadi masalah bagi sebahagian lelaki. Meskipun banyak faktor yang menyebabkan kebotakan, namuan faktor genetika atau keturunan adalah yang paling umum terjadi. Selain karena faktor genetik, kebotakan juga disebabkan oleh kekurangan gizi, perawatan medis seperti kemoterapi, stress dan faktor usia.

Kerontokan rambut adalah gejala kesehatan, berarti ini bisa dicegah sebagaimana yang masalah kesehatan lainnya juga bisa dicegah. Mencegah kerontokan rambut bisa dengan menjaga kesehatannya, dan menjauhi faktor pemicu bagi terjadinya kerontokan.

Rambut rontok sebenarnya wajar-wajar saja, karena akhir dari suatu rambut memang akan rontok. Namun yang menjadi masalah adalah ketika kulit kepala tidak sanggup menumbuhkan kembali rambut sebagai penggantik rambut yang telah rontok, sehingga kepala menjadi gundul dan botak.

Di antara sekian banyaknya penyebabnya kebotakan atau kerotokan rambut adalah genetik yang disebut dengan istilah “male pattern baldness” atau alopesia androgenik yang umumnya terjadi pada laki-laki.

Kebotakan pada lelali lebih besar frekuensinya dibandingkan dengan kebotakan pada wanita, jadi bukan berarti wanita tidak bisa botak, hanya saja wanita memiliki frekuensi kebitakan yang lumayan kecil. Kebotakan akibat genetik adalah jenis kebotakan yang permanen dan sulit di obati. Namun demikian ada beberapa cara mencegah kebotakan secara alami yang bisa anda lakukan sejak dini agar terhindar dari masalah ini.

Cara Mencegah Kebotakan

Cara Mencegah Kebotakan Secara ALami

1. Hindari mengkonsumsi makanan tinggi lemak, kafein, alkohol, dan gula
Mengkonsumsi makanan seperti di atas diketahui bisa memacu adrenalin dan secara bertahap bisa menyebakan kerontokan pada rambut anda. Selain itu anda juga harus mengurangi nikotin dan menghindari banyak garam.

2. Banyak mengkonsumsi makanan sehat
Cara mencegah kebotakan selanjutnya yaitu dengan diet seimbang. Mengkonsumsi makanan bergizi, terutama buah buahan dan sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, mengkonsumsi makanan berprotein seperti kacang-kacangan, daging, dan berbagai produk olahan susu. Selain itu anda juga bisa penting untuk mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya agar metabolisme tubuh lancar.

3. Hindari menggunakan bahan kimia secara berkepajangan
Selain mengkosumsi makanan sehat, cara mencegah kebotakan adalah dengan menghindari penggunaan bahan kimia, atau menghindari menggunakan hair dryer. Karena ini bisa memicu kebotakan secara bertahap dan permanen.

4. Olahraga teratur
Olahraga adalah aktivitas penting demi kesehatan yang baik. Selain itu, dengan rajin berolahraga akan memberikan kelancaran darah sehingga kekulit kepala. Ini akan mempromosikan kesehatan rambut lebih optimal.

Selain olahraga biasa, anda bisa juga melakukan aerobik secara teratur, olahraga aeroik bisa menurunkan kadar endrogen sehingga mencegah terjadi kebotakan.

Demikianlah tips singkat dan cara mencegah kebotakan secara alami yang perlu anda ketahui. Dengan menjauhi faktor penyebabnya dan mengubah gaya hidup menjadi sehat, insya Allah akan menjaga kesehatan rambut anda sehingga jauh dari kebotakan.

Baca juga cara menumbuhkan rambut botak