4 Makanan untuk Menjaga Gigi Tetap Kuat

Makanan untuk Menjaga Gigi Tetap Kuat - Gigi yang kuat adalah dambaan semua orang. Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa dengan menyikat gigi saja tidak cukup untuk membuat gigi anda kuat. ANda butuh nutrisi dan gizi agar bisa menjaga kesehatan gigi anda tetap kuat dan sehat. Sebagaimana yang dikutip dari wolipop, ada empat makanan yang bermanfaat menjaga gigi tetap kuat.

Apa saja ke-4 makanan itu, berikut kami jabarkan satu persatu

Makanan untuk Menjaga Gigi Tetap Kuat

1. Gandum utuh
Gandum utuh adalah gandum yang belum di olah. Gandum yang telah diolah atau makanan yang mengandung tepung lainnya seperti mie, roti, dan aneka makanan dari tepung adalah sumber karbohidrat yang terfermentasi dengan gula sehingga menjadi penyebab terbentuknya asam dalam rongga mulut. Maka mengkonsumsi gandum olahan tidak sehat bagi kesehatan. Ingin tetap sehat, konsumsilah gandum utuh seperti pada roti gandum, oatmeal, havermut atau sereal secara rutin.

2. Buah dan sayuran hijau
Mengkonsumsi buah dan sayuran membutuhkan banyak kunyahan, karena makanan ini adalah sumber serat tinggi. Dengan banyaknya kunyahan akan membuat mulut anda memproduksi banyak air liur sehingga bisa membersihkan mulut dari bakteri. Sayuran hijau banyak mengandung vitamikn A dan protein yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi anda.

3. Susu dan produk susu
Susu adalah sumber kalsium yang bagus yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi anda harus selektif dalam membeli susu, belilah susu rendah lemak, karena susu ini aman untuk tubuh. Susu berlemak seringkali menjadi pemicu bagi kolesterol dalam darah.

4. Mengkonsumsi Protein
Salah satu makanan yang kaya akan protein adalah daging. Tidak hanya itu tetapi juga kaya zat besi dan vitamin B12. Menurut panduan piramida makanan oleh World Health Organization, orang dewasa disarankan mengkonsumsi 2-3 porsi produk hewani setiap hari (masing-masing sekitar 110 gram). Selain daging, bagi vegetarian dapat memilih alternatif seperti tahu, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan sayuran lainnya yang berprotein tinggi.

Demikianlah 4 jenis makanan untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat. Menjaga kesehatan gigi tidak hanya dengan menyikat atau mengosok gigi, namun juga dengan mengkonsumsi makanan secara selektif dan benar.

Kalau artikel "makanan untuk menjaga gigi kuat" ini bermanfaat, jangan lupa dishare agar yang lainnya juga bisa mendapatkan manfaat yang serupa. Thanks