Tips Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari - Kalau biasa bermain dipanatai atau di terik mentari atau biasa melaju dengan motor di terik mentari tanpa pengaman pakaian yang menutupinya kulit akan terbakar dan warnanya berubah menjadi merah atau coklat. Lama-kelamaan kondisi kulit ini akan mengelupas dan terkelupas. Namun ada sebahagian orang yang malah terus mengupas sendiri kulitnya yang mati dan terbakar matahari, padahal tindakannya ini akan berakibat buruk bagi kesehatan kulit selanjutnya.

Untuk itu, kami punya tips mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari agar bisa aman dan tidak semakin parah sebagauimana yang dikutip dari merdeka.com.

Tips Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Tips Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

1. Dinginkan kutli dengan air
Langkah pertama yang harus anda lakukan kalau telah mengetahui bahwa kulit anda terbakar sinar matahari adalah mendinginkan kulit anda. ANda bisa menggunakna handuk dan membasahinya dengan air, kemudian letakkan handuk tersebut pada kulit yang terbakar sinar matahari. Biarkan kulit anda meresap air yang di handuk beberapa saat. Anda bisa juga menggunakan bahan lainnya yaitu dengan menggunakan produk tertentu yang mempunyai efek mendinginkan, seperti produk aloe vera dll.

2. Jangan menggaruk
Mengatasi kulit terbakar sinar matahari selanjutnya yaitu dengan tindakan diam, artinya kalau kulit anda sudah terlanjut terkelupas, diharapkan anda bisa sabar dan tidak menggaruk kulit anda, walau terkadang rasa gatal menerpa, menggaruk kulit hanya akan membuat kulit anda bertambah parah dan bisa menimbulkan peradangan kulit yang akhirnya menimbulkan bekas luka.

3. Menjaga kelembaban kulit dengan moisturizer
Menjaga kelembaban kulit adalah hal lain yang harus dilakukan dalam menjaga kulit yang terbakar sinar matahari. Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya akan sering terasa kering, dan disini kulit tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus diberi pelembab agar kulit tidak stress dan perkembangannya buruk bagi kesehatan. ANda bisa menggunakan pelembab dari produk kecantikan, tentu produk yang formulanya ringan dan tidak berat.

4. Minum air yang cukup
Menjaga kesehatan kulit yang terbakar sinar matahari juga bisa anda lakukan dengan menjaga kelembaban kulit tetap terjaga yaitu dengan minum air sebanyak 10 gelas sehari. Dengan ini maka kulit akan terasa lembab dan selalu bersinar.

5. Mengkonsumsi vitamin
Mengkonsumsi vitamin adalah tips lain yang bisa dilakukan dalam rangka mengatasi kulit terbakar sinar matahari. Vitamin yang bisa anda konsumsi adalah vitamin C dan vitamin E yang berperan penting untuk kesehatan kulit. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kerusakan kulit akibat terpaaan sionr matahari

6. Jangan dikelupas
Kalau kulit anda terbakar sinar matahari, maka hal penting yang harus anda lakukan adalah menjaga agar anda tidak mengelupas kulit mati akibat terpapar matahari. Karena kalau anda mengelupaskan kulit tersebut maka kulit anda akan terinfeksi dan bisa saja lebih parah, jadi biarkan saja kulit anda terkelupas dengan sendirinya.