Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan - Tanaman ciplukan adalah tanaman liar yang bisa bebas tumbuh dimana saja baik di dataran rendah atau dataran tinggi dengan ketinggian 1550 meter diatas permukaan laut. Tanaman ciplukan biasanya didapat di daerah hutan-hutan jati, sawah keirng, tanah tegalan atau di ladang-ladang petani.

Ciplukan bermanfaat untuk kesehatan, kandungan dialamnya yaitu asam sitrun dan fisalin, juga mengandung zat lain seperti Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Gula. Karena kandungannya yang banyak mineral, vitamin membuat tanaman ciplukan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Lantas penyakit apa saja yang bisa sembuhkan dengan memanfaatkan tanaman ciplukan ini. Berikut kita lihat satu persatu.

1. Mengobati diabetes
Untuk mengobati penyakit diabetes, ambil tanaman ciplukan beserta pohonnya dan akarnya, bersihkan
Kemudian dilayukan dan direbus dengan 3 gelas air bersih,
Rebus hingga air tersisa 1 gelas, kemudian disaring dan selanjutnya minum

2. Mengobati sakit paru-paru
Untuk mengobati paru-paru, ambil tanaman ciplukan lengkap dari atas hingga akarnya yaitu akar, batang, daun, bunga dan buahnya.
Cara membuat ramuannya adalah dengan merebusnya dengan 3 atau 5 gelas air. Kemudian saring dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari sebanak 1 gelas.

3. Menyemubhkan Ayan
Untuk mengobati penyakit ayan, ambil 8-10 butir buah ciplukan yang sudah dimasak. Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan memakannya setiap hari secara rutin.

4. Borok
Manfaat daun ciplukan untuk kesehatan lainnya adalah mengobati borok. Ambil 1 genggam daun ciplukan ditambah 2 sendok air kapur sirih. Cara membuatnya yaitu dengan menumbuknya sampai halus. Ditempelkan pada bagian yang sakit.

Inilah beberapa manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui, karena tanaman ini terkadang hidup bebas dan liar di pinggir rumah atau di area kebun, jadi mudah didapat.