10 Tanda Penyakit Alzheimer yang Perlu di Ketahui

10 Tanda Penyakit Alzheimer - Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan seseorang lupa akan hal-hal sepele seperti lupa tanggal atau hari apa ini. Penderita Alzheimer untuk bisa bertahan hidup sangat membutuhkan perhatian dari orang-orang terdekat denganya ketimbang perhatian medis.

"Pengobatas medis itu hanya memperlambat efek Alzheimernya," kata Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia (ALZI) Dr Suharya dalam diskusi bertajuk "Pentingnya Mengetahui" di Jakarta, Selasa (23/9).

Jadi, bagaimana kita mengetahui penyakit Alzheimer, untuk mengetahui penyakit pikun ini tentu kita harus mengetahui dulu gejala-gejala Alzheimer. Berikut ada 10 tanda dan gejala Alzheimer yang sangat penting anda ketahui.

10 Tanda Penyakit Alzheimer

Gejala-Gejala Penyakit Alzheimer

1. Gangguan Daya Ingat
Daya ingat menghilang dan secara umum terganggu. Orang yang biasanya lupa akan hal-hal yang baru saja dikatakan dan terkadang menanyakan hal yang sama secara berulang lali atau menceritakan hal yang sama beberapa kali. Salah satu ganggauan ingatan yang sering terjadi adalah lupa akan tempat partkir.

2. Sulit Fokus
Gejala lain dari alzheimer adalah sulit fokus, biasanya orang dengan gejala alzheimer mereka akan mengatakan "sulit fokus" dalam pekerjaan yang sepele, atau bahkan mereka lupa cara memasak, dan terkadang tidak bisa menyelesaikan perkerjaan yang sepel sekalipun.

3. Penderita Bingung
Penderita Alzheimer kesulitan melakukan kegiatan rutin, seperti sulit membuat rencana atau membereskan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, dan sulit mengatur keuangan. Ini termasuk tanda datangnya Alzeimer.

4. Disorientasi
Ini adalah perasaan bingung tentang hari, hari apa, tanggal apa, bagaimana dia sampai kesisini, atau bingung akan bagaimana pulang, atau dimana dia.

5. Kesulitan Visuopasial
Penderita Alzheimer sulit menentukan jarak, membedakan warna, menentukan ukuran, atau tidak mengenal warna dicermin, menabrak cermin, penderita menuangi air dalam gelas namun tumpah.

6. Gangguan komunikasi
Gejala atau tanda penyakit alzheimer lainnya yaitu penderita sulit menentukan kata-kata dalam berbicara, atau berhenti ditengah pembicaraan dan sulit menyambungkan pembicaraan.

7. Lupa
Tanda azheimer selanjutnya yaitu penderita seringkali lupa, lupa menempatkan barang atau bahkan sering menganggap ada yang mencurinya atau mengambilnya padahal barangnya diletakkan disuatu tempat.

8. Tak bersemangat
Penderita tak bersemangat dan sulit untuk bergaulan, tidak semangat ketika berjumpa dengan banyak teman, dan tidak semangat dalam melakukan hobynya. Mudah kecewa, mudah putus asa dan selalu bergantung pada keluarga.

Inilah beberapa tanda penyakti alzheimer yang perlu diwaspadai. Jadi sekali lagi bahwa penderita penyakit ini perlu mendapatkan banyak kasih sayang dan perhatian dari keluarganya ketimbang pengobatan secara medis. Pengobatan mungkin hanya untuk mengatasi atau melambatkan perkembangan penyakitnya.

9. Perubahan kepribadian
Tanda alzheimer lainnya yaitu terjadinya perubahan baik prilaku dan kepriadiannya secara drastis, bingung, curiga, depresi.