Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan

Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan - Sayuran adalah salah satu makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap hati demi kelancaran pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh tetap sehat. Di antara sayuran hijau yang sehat adalah brokoli, brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya serat dan kaya anti oksidan serta asam folat yang bagus untuk kesehatan. Kandungan anti oksidan dalam sayuran brokoli menjadikan sayuran hijau ini sebagai makanan anti kanker.

Begitu juga bagi kesehatan bayi, kandungan asam folat dalam sayuran brokoli baik untuk pertumbuhan sikecil. Kandungan lain dalam sayuran brokoli adalah vitamin C, K dan B9. Ini juga merupakan sumber makanan yang kaya akan betakaroten, kalium, dan sulforaphane. Pokonya mengkonsumsi brokoli tidak ada habisnya bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelas, mari kita lihat apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan

Manfaat Brokoli bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi alergi dan peradangan
Brokoli mengandung anti-inflamasi, fitonutrien, kaempferol dan isothiocyanates. Zat ini akan menjadikan sayuran brokoli sebagai makanan sehat yang bisa mencegah alergi dan peradangan. Makanan ini bagus dikonsumsi segala usia.

2. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan Lutein dalam brokoli membuat brokoli bagus untuk mencegah terjadinya penebalan arteri yang menyebabkan todak lancarnya aliran darah ke jantung. Kandungan Vitamin B6 dan folat dalam brokoli juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

3. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan mineral dan vitamin dalam brokoli juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Brokoli bisa menjaga kulit dari kerusakan selnya akibat radikal bebas. Membuat kulit nampak cerah dan bersinar sepanjang hari. Maka bagi anda yang ingin tampil cantik, perbaiki dulu kesehatan kulitnya, kalau ini sudah beres maka kecantikan akan datang dengan sendirinya.

4. Bagus untuk kesehatan tulang
Dalam brokoli mengandung kalsium dan vitamin B, tembaga dan seng yang diketahui sangat bagus untuk menunjang kesehatan tulang, gigi. Selain itu dalam brokoli juga mengandung vitmain K yang bisa mencegah osteoporosis.

5. Mencegah kerusakan Sel
Dalam sebuah penelitian di ungkapkan bahwa sulforaphane dapat mengaktivasi antioksidan dan enzim detoksifikasi, khusus dalam tubuh yang membantu melindungi kerusakan struktur sel tubuh, karsinogen dan molekul DNA yang rusak.

6. Mencegah kanker
Manfaat Sayur Brokoli bagi Kesehatan tubuh lainnya yaitu bisa mencegah kanker. Sayuran Brokoli kaya zat glucoraphanin, yang dapat berubah menjadi senyawa yang dapat mencegah kanker. Sayuran cruciferous juga kaya indole-3-carbinol yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Sifat anti-karsinogen brokoli efektif dalam menghalangi perkembangan kanker prostat, kanker serviks dan payudara.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Mengkonsumsi brokoli dengan rutin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan Sulforaphane dalam sayuran sehat ini bisa melambatkan oksidasi dalam tubuh dan melambatkan penuaan dini yaitu mencegah kulit keriput dan kulit mati.

Inilah sejumlah manfaat sayuran brokoli bagi kesehatan tubuh. Masih sangat banyak manfaat sari sayuran sehat hijau ini, semoga dilain kesempatan kita bisa mengulasnya lebih jauh.

Baca juga makanan sehat agar cepat hamil