Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan Tubuh - Buah dengan nama latin Averhoa Carambola L ini tidka hanya disenangi anak-anak tetapi mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Buah belimbing sering dijumpai dalam bahan-bahan pembuatan rujak dan sering didapatkan dipedesaan. Buah yang berbentuk seperti bintang ini mempunyai banyak varianya. Ada yang manis dan ada juga yang masam. Tetapi yang pasti buah belimbing bermanfaat untuk kesehatan karena serat yang tinggi dan kandungan aneka vitamin didalamnya.

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan Tubuh
Menurut penelitian mengatakan bahwa dalam buah belimbing mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan seperti: Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), folat ( vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database. Melihat segudang mineral dan nutri dalam buah ini, tidak diragukanlagi kalau buah belimbing memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan

  • Buah belimbing bisa mengatasi masalah batuk pada anak-anak. Memakan buah belimbing bisa dengan dijua atau memakan langsung
  • Mengatasi sariawan dan gusi sering berdarah. Konsumsilah buah belimbing secara rutin agar gusi sehat dan terhindari dari berdarah
  • Belimbing juga bermanfaat untuk mengurangi sakit gigi berlubang, ini lebih bagus kalau buah belimbing yang digunakan adalah belimbing masam.
  • Belimbing bermanfaat untuk Mengatasi jerawat dan panu.
  • Belimbing juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.
  • Buah belimbing memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan.
  • Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Sangat bagus dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol.
  • Dan buah belimbing dapat Mengatasi radang rectum.
Selain manfaat buah belimbing seperti yang disebutkan di atas, tanaman ini juga bermanfaat bagian lainnya yaitu bunga belimbing, daun belimbing dan akarnya.

Berikut manfaat dari beberapa bagian dari belimbing manis ini:

1. Manfaat bunga belimbing
Bunga belimbing yang kelihatannya tidka berguna ini ternyata bisa menjadj ramuan obat tradisonal untuk menyembuh penyakit seperti batuk, sariawan ( stomatitis), dan juga malaria.

2. Manfaat daun belimbing manis
Diantara manfaat kesehatan yang didapatkan dari daun belimbing adalah bisa menyembuhkan penyakit perut, gondongan ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.

3. Manfaat akar belimbing manis
Sementara akand ari tanaman belimbing bisa dimanfaatkan untuk ramuan penyakti reumatik.

Inilah sekilas manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan manfaat bunga serta daun dan akr belimbing manis. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk semuanya.