Aneka Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan, dalam pengobatan tradisional bunga dan pohon serta akar tanaman matahari menjadi obat. Anda terkejut, perlu diketahui bahwa tanaman bunga matahari mempunyai banyak khasiatnya untuk kesehatan. Diantara penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman matahari adalah Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Sulit melahirkan, Disentri, Campak, Infeksi saluran kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.

manfaat bunga matahari untuk kesehatan
kebun bunga matahari
Manfaat tanaman bunga matahari untuk kesehatan diperoleh karena dalam tanaman ini mengandung sejumlah senyawa kimia, sehingga cocok untuk pengobatan berbagai penyakit secara alami dan tradisional. Senyawa yang ada dalam tanaman bunga matahari adalah: Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene. Berikut kita lebih lanjut tentang manfaat tanamana bunga matahari dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Tanaman Bunga Matahari untuk Kesehatan

1. Manfaat bunga matahari untuk sakit kepala
Dalam mengobati sakit kepala, yang digunakan adalah bunga matahari bukan daunnya. Ambil 30 gram bunga matahari, dan direbus dalam 3 gelas air dengan 1 butir teur ayam (jangan dipecah) hingga airnya tersisa ½ gelas. Air rebusan ini diminum setelah makan, dosinya yaitu 2 kali sehari.

2. Mengobati rematik
Untuk mengobati penyakit reumatik, gunakan 1 tangkai kepala bunga matahari dan dan rebus hingga menjadi kanji. Kalau rebusannya sudah seperti kanji, maka ambil dan oleskan pada kaki yang sakit seperti anda menggunakan salap.

3. Melancarkan Air Kecil dan Air Besar
Ini adalah masalah yang umum terjadi pada manusia, terutama yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi susah BAB dan BAK, rebus 30 gram akar tanaman bunga matahari yang masih segar. Ambil airnya dan minum. Insya Allah semua masalah akan kembali lancar.

4. Mengobati infeksi saluran kencing.
UNtuk masalah ini anda juga masih menggunakan akr bunga matahari. Rebus akarnya sebanyak 30 gram dan jangan lama-lama, begitu rebusannya mendidih segera angkat dan minum selagi hangat. Jangan tunggu dingin, ingat ... selagi hangat

5. Manfaat bijia matahari untuk disentri
Penyakit disentri atau mencret yang sering di alami anak-anak bisa anda obati dengan biji matahari. Ambil 30 gram biji matahari dan TIM selama 60 menit, kalau sudah dingin beri gula batu secukupnya dan minum.

Tanaman bunga matahari punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi sebaiknya tanamlah tanaman ini dipekarangan anda. Selain bijinya di dijaikan kuaci, juga bisa bermanfaat untuk pengobatan tradisional. Sekian saja manfaat bunga matahari untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

Baca juga manfaat jagung untuk kesehatan