7 Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan

7 Manfaat Jagung untuk Kesehatan - Jagung adalah buah yang banyak digemari di Indonesia. Selain dijadikan sebagai bahan dalam sayuran, jagung manis juga sering dijadikan bahan olahan kue seperti puding jagung manis. Selain itu, manfaat jagung manis juga dirasakan dalam bentuk jagung bakar. Rasanya yang manis dan renyah membuat makanan ini banyak disukai orang. Untuk lebih jelas tentang manfaat jagung untuk kesehatan, berikut kita lihat ulasannya.

manfaat jagung untuk kesehatan

Manfaat Jagung Manis untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata
Mengkonsumsi jagung tidak hanya rasa enak yang dirasakan, tetapi juga anda bisa merasakan manfaat untuk kesehatan mata. Manfaat jagung manis untuk mata adalah bisa menghambat degradasi makula. Ini dikarenakan zat zeaxanthin yang terkadung dalam jagung yang bermanfaat untuk memberikan warna kuning pada jagung.

2. Menjaga kesehatan otak
Jagung juga mengandung sejumlah thiamine yaitu zat yang bekerja untuk menopang sel-sel otak agar bisa berfungsi normal dan sehat. Dengan mengkonsumsi jagung berarti kita menjaga otak agar sehat dan bisa berpikir cerdas.

3. Menurunkan kadar Kolesterol
Jagung juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Ini disebabkan dalam jagung mengandung Vitamin C, karotenoid dan bioflavanoid. Dengan menurunnya kolesterol maka darah akan lancar dan membuat anda terhindari dari berbagai penyakit jantung termasuk kardiovaskular.

4. Menjaga kanker paru-paru
Mengkonsumsi jagung juga bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, ini tidak lain karena kandungan cryptoxanthin dalam jagung. cryptoxanthin akan diubah menjadi vitmian A dan menurut penelitian ini berkaitan dengan kanker pada paru-paru.

Selain itu, jagung juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, yaitu mencegah kulit dari radikal bebas karena kandungan anti oksidan yang tinggi dalam jagung.

5. Manfaat jagung untuk pencernaan
Jadung adalah buah manis yang kaya manfaat untuk kesehatan. Termasuk salah satu manfaatnya yaitu melancarkan pencernaan. Kalau pencernaan sudah lancar maka berbagai macam penyakit lainnya biasanya akan mudah disembuhkan. Kandungan serat alami dalam jagung membuatnya menjadi makanan sehat yang bisa mencegah konstipasi dan sembelit, serta menjadi makanan yang sehat untuk usus, karena serat alami juga akan menjaga usus dari kanker.

6. Mencegah penyakit kurang darah (anemia)
Mengkonsumsi jagung dalam jumlah wajar juga bagus untuk mengusir kurang darah yang disebut dengan anemia. Jagung mengandung sejumlah zat besi dan asam folat seta vitamin B.

Inilah sejumlah manfaat mengkonsumsi jagung manis bagi kesehatan. Kandungan yang kaya dalam jagung membuat makanan ini bermanfaat luar biasa bagi kelangsungan hidup manisa, terutama sisi kesehatan. Maka konsumsilah jagung walau tidak setiap hari. Kalau anda anda bisa menanam jagung dihalaman rumah anda, karena jagung bisa dipanen dalam waktu 3 bulan, jadi cepat hasilnya. Disamping sebagai makanan keluarga juga sebagai bahan alami dalam menjaga keseatan.