5 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

kesehatan82 - Bagaimana menurut anda, apakah manfaat minum kopi bagi kesehatan itu memang ada atau tidak sama sekali. Sebenarnya anda bisa menjawab ada atau tidak. Minum kopi bisa buruk bagi kesehatan terutama meningkatkan hormon stress apabila anda minum kopi dengan kandungan banyak gula dan krem. Sebaliknya, minum kopi sekedarnya saja atau sesekali justru baik bagi kesehatan dengan syarat kopi anda minim gula dan krem. Sebagaimana yang dikutip dari vemale.com, bahwa minum kopi mempunyai sederet manfaat dan kegunaan bagi kesehatan. Berikut paparannya:

5 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

Manfaat Minujm Kopi bagi Kesehatan Kita

1. Mencegah batu empedu
Tahun 2002 Harvard pernah membuat penelitian dari peminum kopi dan berkesimpulan bahwa wanita yang minum kopi 4 cangkir sehari mempunyai resiko kecil terhadap batu empedu, sebanyak 25% lebih kecil.

2. Kopi meningkatkan daya ingat
Tahun 2005 Radiological Society of North America membuat penelitian dan mengatakan bahwa minum kopi bisa mempertajam dan meningkatkan daya ingat jangka pendek.

3. Mencegah depresi
"Archives of Internal Medicine" membuat laporan pda tahun 2011 tentang manfaat minum kopi. Badan tersebut mengatakan bahwa wanita yang minum kopi 3 cangkir sehari mempunyai resiko depresi lebih rendah hingga 15%.

4. Minum kopi bisa mencegah kanker payudara
Manfaat minum kopi bagi kesehatan selanjutnya tidak tanggung-tangung yaitu bisa mencegah terjadinya kanker payudara, endometris, prostat, dan hati. Ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di Swedia tahun 2008. Lebih lanjut seorang peneliti dari Harvard University, Edward Giovannucci mengatakan dalam hasil penelitiannya bahwa kopi mempunyai anti oksidan paling banyak ketimbang buah dan sayur.

5. Mencegah penyakit diabetes tipe 2
Akhir-akhir ini sering terdengar banyak orang terjangkit diabetes tipe 2. Padahal ada bahan alami yang bisa mengatasi penyakit ini. Tidak lain adalah kopi, menurut penelitian minum kopi tanpa ada krem atau gula bagus untuk kesehatan, terutama menurunkan resiko diabetes tipe 2.

Sebuah laporan dari Journal of Agricultural & Food Chemistry" pada Januari 2012, mengatakan bahwa kandungan dalam kopi bisa menghambat pertumbuhan hIAPP. hIAPP bisa menyebabkan protein yang tidak normal. Kebanyak temukan pada pengindap diabetes tipe2.

Inilah beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan yang mungkin belum anda tahu. Sepertinya kopi yang sekarang banyak tersedia dalam sunshet sudah tidak aman lagi bagi kesehatan, karena mengandung banyak gula bahkan krem didalamnya. Untuk itu, sebaiknya kita minum kopi bubuk atau kopi saring seperti kopi tempo dulu.