Penyebab Tumbuhnya Uban di Kepala

Penyebab Tumbuhnya Uban di Kepala - Uban atau rambut putih adalah tanda bahwa seseorang telah mulai tua. Uban dikepala ini menjadi inyarat bahwa hidup didunia ini hanay sekedar mampir dan yang hakikat hidup adalah di akhirat kelak. Namun demikian, sekarang banyak anak yang baru dewasa suah mulai muncul uban dikelapa. MUngkin kalau anda melihat uban itu tumbuh anda akan segera mencabutnya. Ok, kalau ubain itu sedikti, bagaiaman kalau uban yang muncul dikepala justru sangat banyak, tidak ada cara yang bisa dilakukan kecuali hanya pasrah dan bersabar.

Penyebab Tumbuhnya Uban di Kepala
ilustrasi tumbuh uban di kepala
Penyebab tumbuhnya uban dikepala pada waktu dini adalah karena beberapa faktor. Ada faktor yang bisa dicegah dan ada faktor yang tidak bisa dicegah. Untuk lebih jelas berikut kita lihat penjelasannya lebih lanjut.

Penyebab Tumbuh Uban di Kepala

1. Usia. Ini adalah faktor yang tidak bisa dicegah. Lambat laun anda pasti akan tua, karena hidup terus berjalan dan bukan surut, sehingga makin hari kita akan makin tua dan akhirnya rambut kita bueruban. Uban yang muncul dikelapa dalam usia yang memang sudah sewajarnya adalah hal yang biasa dan tidak perlu dipikirin karena memang uban ini tumbuh dengan normalnya.

2. Faktor genetik. Uban juga merupakan salah hal yang bisa diwarisi dari orang tua, jadi kalau salah satu orang tua beruban di usia muda, maka kita juga berpotensi untuk mengalami hal yang sama yaitu tumbuh uban dikepala kita di usia muda. Badan dan tubuh kita adalahj hasil penurunan dari orang tua sehingga banyak faktor yang dimiliki orang tua yang terkadang kita warisi dalam hidup.

3. Merokok. Merokok juga bisa menjadi faktor munculnya uban lebih dini dikepala. Menurut sebuah obsevasi yNG dilakukan para ahli, bahwa merokok juga bisa menjadi tersangka pada munculnya uban di kepala. Efek dari radikal bebas yang dihasilkan rokok bahkan bisa membuat seseorang menjadi keriput sehingga ini juga bisa saja berakibat pada cepatnya muncul uban dikepala. So, bagi anda yang ingin sehat, hindari merokok dan menghisap asap ini.

4. Tekanan atau stress. Stres yang terjadi secara terus menerus akan memberikan kegelisahan yang parah bagi penderitanya. Kegelisahan inilah yang bisa memicu pada penuaan dini. Termasuk cepatnya muncul uban. Perasaaan stress seorang yang menggoncangkan jiwanya sehingga memberikan efek buruk bagi kesehatannya, termasuk bagi kesehatan rambutnya. Hindari stress dan selalu hidup dengna tenang dan bahagian bisa menjadi kuci awet muda.

5. Kondisi medis. Ini termasuk hal yang jarang terjadi, namun kondisi metabolik tertentu, seperti kekurangan beberapa zat nutrisi, dan kelainan genetik juga bisa menyebabkan rambut beruban. Selain itu juga ada beberapa pengobatan kemoterapi untuk pasien kanker yang dapat mempengaruhi mekanisme pembuatan pigmen yang membuat seseorang cepat beruban. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Setelah pengobatan usai, rambut Anda akan kembali ke warna aslinya.

Inilah beberapa penyebab tumbuhnya uban di kepala lebih cepat dan lebih dini. Jadi ada faktor yang bisa anda hindari seperti pada poin nomor 5, 4, 3 dan ada juga faktor yang tidak bisa dihindari yaitu faktor usia dan faktor genetik. Semoga bermanfat

baca juga manfaat puasa bagi kesehatan