Gejala-Gejala Diabetes pada Saat Kehamilan

Gejala Diabetes pada Saat Kehamilan - Gejala diabetes tidak hanya tipe1 dan tipe 2 saja yang harus diperhatikan, karena ada juga diabetes lain yaitu diabetes disaat masa kehamilan. Jadi, anda juga harus mengetahui gejala-gejala diabetes pada saat kehamilan. Diabetes yang terjadi pada masa kehamilan bahkan bisa memicu komplikasi, maka penting untuk dipelajari dan dimengerti gejala diabetes pada masa kehamilan.

Diabetes pada saat kehamilan disebut dengan diabetes gestational, apabila ini terjadi maka akan mengakibatkan komplikasi penyakit dan mempengaruhi kesehatan ibu hamil lebih lanjut dan juga kesehatan bayi yang dikandungnya. Naiknya gula darah pada ibu hami yang disebut dengan gestational biasanya akan segera pulih setelah ibu melahirkan, akan tetapi sebagaimana yang kami kutip dari health.detik.com 2011/04/06 bahwa ibu hamil akan berkemungkinan untuk terserang diabetes tipe 2 nantinya.

Gejala Diabetes pada Saat Kehamilan
Terjadinya diabetes gestational pada saat kehamilan karena hormon yang dilepaskan oleh plasenta dikatakan bisa menghalangi kerja dari hormon insulin dalam sel-sel tubuh sehingga terjadinya resistensi insulin pada ibu hamil, yaitu kondisi dimana sel yang berada dalam tubuh ibu hamil mengalami kesulitan dalam menggunakan insulin. Sehingga kadar gula dalam darah meningkat dan berpengaruh buruk bagi kesehatan, karena energi yang ada dalam gula tidak bisa diuraikan menjadi energi oleh hormon insulin.

Gejala-gejala Diabetes Gestational yang tidak bisa diabaikan, dintaranya yaitu:
  1. Sering haus secara berlebihan
  2. Sering buang air kecil
  3. Sering lapar
  4. Kelelahan yang berlebihan
  5. Sering mual
  6. Berdampak pada masalah kesehatan seperti kabur
Kalau anda mengalami hal seperti ini, jangan abaikan anjuran pergi kedokter, tes darah adalah hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui penyakit apa yang bersarang dalam tubuh.

Diabetes Gestational tidak ada bisa mencegah dan menghindari terjadinya. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko dari Gestational Diabetes, seperti membiasakan makanan sehat selama kehamilan, sering bergerak seperti beraktivitas ringan dirumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga cara mengobati diabetes pada ibu hamil