Gejala dan Cara Mengobati Diabetes pada Ibu Hamil

kesehatan82 - Gejala diabetes dan cara mengobati diabetes pada ibu hami adalah info penting diketahui semua ibu dan ayah, karena ibu hamil memiliki resiko lebih besar terhdap terjangkitnya penyakit diabetes. Maka sebaiknya kita mengenali gejala diabetes sedini mungkin agar lebih cepat terhadap penangannya dan tidak berdampak pada janin yang dikandung oleh ibu hamil.

Gejala dan Cara Mengobati Diabetes
Mengetahui gejala diabetes ada dua cara, yaitu dengan memeriksa darah ketika dalam keadaan puasa dan memeriksa darah ketika waktu tidak puasa, yaitu 2 jam setelah makan. Gula darah orang puasa adalah 100mg/dl, sedangkan gula darah orang tidak puasa biasanya 140mg/dl. Apabila gula darah menunjukkan angka diatas angkat tersebut maka digolongkan kedalam diabetes.

Gejala-gejala diabetes pada ibu hamil

  • Banyak kencing
  • Banyak makan
  • Banyak minum
  • Berat badan turun secara drastis
  • Sering muncul bisul, gatal-gatal di kulit dan kemaluan, keputihan, merasa cepat lelah, sering mengantuk, dan sering kesemutan.
Ini adalah beberapa gejala dan tanda yang sering dihubungkan pada penderita kencing manis atau diabetes. Kalau anda merasa ada hal-hal seperti itu, sebaiknya anda periksa kedokter untuk memastikan, apakah itu diabets atau bukan.

Mengobati Diabetes pada Ibu Hamil

Lantas bagaimana mengobati diabetes secara alami. Kalau anda merasa menderita diabetes, maka anda perlu melakukan beberapa cara pengobatan diabetes sebagaimana dibawah ini.

1. Lakukan Diet. Perhatikan makanan anda, hindari makanan bergula sederhana seperti minuman manis dan cemilan manis. Untuk lebih tepta konsultasi dengan ahli gizi. Lakukan diet sehat sesuai anjuran ahli nutrisi, karena kalau kekurangan kalori dalam tubuh juga bisa berdampak pada hipoglikemia, yaitu kondisi lemas dan bahkan bisa pingsan. Dalam cara ini dokter akan terus memantau kadar gula darah anda, kalau kadar gulanya menurun, maka lanjutkan dietnya. Kalau tidak, atau bahkan meningkat maka lakukan langkah selanjutnya.

2. Selalu kontrol gula darah. Beli alat pengukur gula darah yang praktis

3. Menyuntik Insulin. Ini perlu dilakukan untuk menambak insulindalam tubuh. Karena penderita diabetes mengalami penurunan insulin. Sedangkan ibu hamil tidak dibenarkan untuk mengkosumsi obat-obatan yang bisa merandang insulin, jadi alternatifnya adalah menyuntik insulin.

4. Anda perlu memantau Hipoglikemi. Ini penting diperhatikan agar jangan sampai gula darah anda drop. Anda bisa ngemil tetapi bukan makanan manis.

5. Olahraga ringan bagi ibu hamil. INi bisa berarti seperti aktivitas ringan yang anda lakukan dirumah seperti membersihkan rumah, mencuci piring, jalan kaki ringan dan hal-hal sepele lain bisa menurunkan tingkat gula darah.

Demikian sekilas info tentang cara mengobati diabetes ringan yang diderita ibu hamil. Perhatikan selalu kesehatan anda, kalau anda mendapatkan tanda-tanda diabetes seperti yang telah disebutkan diatas, maka segera hubungi dokter untuk memastikan keadaan anda, untuk selanjutnya anda bisa berobat secara alami atau dirumah sakit.

baca juga penyebab terjadinya mimisan pada hidung