Tips dan Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara Meningkatkan Semangat Belajar - Semangat adalah mutiara yang sangat mahal, itulah sebabnya tidak semua orang bisa mempertahankan semangatnya apalagi meningkatkan semangatnya, terutama semangat dalam belajar karena nafsu selalu ingin bebas dari yang namanya belajar, nafsu selalu ingin santai santai. Maka perlu kiranya kita mengetahui bagaimana cara meningkatkn semangat belajar agar proses belajar bisa berjalan dengan baik dan berhasil dengan optimal.

Berikut beberapa tips dan cara meningkatkan semangat belajar yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.


Cara meningkatkan semangat belajar

1. Bergaul dengan orang yang bersemangat
Satu cara yang bisa meningkatkan semangat adalah dengan bergaul dengan orang orang yang bersemangat. Ketika kita bergaul dengan mereka maka semangat mereka akan terasa dan ikut berdampak pada diri ita. Bukankah Baginda Nabi pernah bersabda bahwa umpama orang yang berteman dengan orang shaleh adalah seperti berteman dengan penjual miyak wangi, sementara umpama berteman dengan orang shalah adalah seperti berteman dengan pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi kita akan mendapati seikit bau wangi, atau terpengaruh untuk membeli wangian atau terpercik dengan wangina itu, sementara bertemankan orang pandai besi kita tentu akan terpercik api, atau terkena kotoran api bahkan bisa mendapatkan bau busuh darinya.

Jadi, cara sangat penting dalam meningkatkan semangat belajar adalah berteman dengan orang suka belajar. Sehingga kita juga akan terbawa dan termotivasi untuk belajar.

2. Membuat target belajar
Cara meningkatkan semangat belajar selanjutnya adalah dengan membuat target yang ingin dicapai. Tanpa target anda akan biasa-biasa saja, karena tidak ada yang perlu anda kejar atau anda selelsaikan.

Untuk memudahkan anda dalam mencapai target anda, maka sebaiknya anda tulis apa saja target yang harus anda capai hari ini, besok dan seterusnya. Walaupun anda ingat tanpa harus menulis, tetapi menulis itu penting, karena menulis mempunyai kekuatan yang luar baisa dalam mempengaruhi kejiwaan anda dalam mencapai target yang anda tulis tadi. Mario Teguh sebagai motivator ulung mengatakan bahwa untuk memudahkan kita mencapai target maka jadikan diri anda seperti dikejar anjing gila. Orang yang dikejar anjing gila tidak akan peduli apapun, karena yang dia pikirkan adalah lari sekencang-kencangnya agar selemat dari bahaya anjing gila.

Kalimat "Anjing gila" dalam hal ini adalah target anda, ketika anda bersantai santai, anda ingat kepada target yang belum tercapai sehingga akan termotivasi untuk bekerja keras dan belajar lagi hingga target itu tercapai. Kalau kita tidak membuat target dalam belajar maka setiap hari kita bisa bersantai santai, karena tidak ada apapun yang harus kita kejar dan tentu kesuksesan juga tidak ada.

3. Menunda kesenangan
Apakah anda kenal dengan sosok Leonel Messi? Kalau anda tidak kenal, minimal anda pernah mendengar kehebatan dari nama messi itu. Sebagaimana yang saya tahu bahwa messi itu punya jadwal yang sangat ketat, semua di atur mulai dari makan, tidur, bahkan bermain game pun diatur, tidak melakukan seenaknya saja, semua harus sesuai dengan jadwal masing-masing.

Kenapa dia sanggup menjalani semua itu, karena ia berprinsip untuk menunda kesenangan. Umumnya pemain sepak bola beranggapan bahwa mereka menikmati hidup ketika pensiun. Nah, seharus nya kita juga demikian. Dari sekarang tundalah bermalas malasan dan bermain-main hingga sukses nanti. Kalau sudah sukses baru main-main.

Demikianlah sekilas tips dan cara meningkatkan semangat belajar hingga menjadi orang sukses. Paksakan diri anda untuk mengikuti aturan belajar anda, hingga semuanya tumbuh menjadi karakter, dan anda pun akan dengan senang dan ikhlas menjalani tugas dan aturan hidup yang membuat anda sampai ke gerbang kesuksesan.