Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Tubuh | Sehat dengan Ibadah

Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan - Berpuasa adalah ibadah wajib untuk seluruh umat Islam yang sudah baligh dan berakal diseluruh dunia. Tahukah anda bahwa berpuasa yang di syariatkan Allah ternyata tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja tetapi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini sudah dibuktikan oleh penelitian dimana tubuh manusia yang tidak makan dan tidak minum lebih dari 12 jam akan memberikan efek yang bagus sekali untuk kesehatan, disini oragn tubuh manusia bisa istirahaat selama beberpaa jam.

Jadi sangat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari puasa, ibadah puasa bisa mendekatkan diri Insan dengan Penciptanya dan membangun kehidupan yang lebih sosialis. Ketika berpuasa kita akan merasakan lapar seperti yang dirasakan orang miskin dalam kesehariannya. Sehingga kita akan terstimulasi untuk membantu orang yang hidupnya berkekurangan. Ini efek dari pengetahuan kita akan bagaimana yang dirasakan oleh orang miskin. Jadi berpuasa tidak hanya membimbing kita dekat dengan Pencipta kita karena kita telah menjalankan ibadah, tetapi juga mendidik kita untuk hidup lebih damai dan rukun. Bahkan efek kesehatan yang kita rasakan dari puasa lebih dari apa yang kita sangka.

Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh yang lain adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kita berpuasa tubuh akan melepas enzim yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan ajaibnya lagi bahwa enzim ini hanya diproduksi oleh tubuh saat kita dalam keadaan berpuasa. Itulah sebabnya orang yang sering berpuasa akan merakan sehat selalu. Penderita darah tinggi bisa sembuh hanya dengan berpuasa.

Manfaat ibadah puasa selanjutnya yaitu bisa menurunkan kolesterol tubuh dan menurunkan kadar gula dalam darah. Maka berpuasa bukan lagi hal yang negatif melainkan positif untuk dilakukan. Jadi setiap yang disyari'atkan oleh Allah selalu saja ada manfaat buah manusia itu sendiri. Bahkan banyak ibadah lainnya yang tidak luput dari seribu macam manfaat untuk kesehatan, seperti shalat lima waktu dalam sehari semalam yang punya manfaat luar biasa. Jadi apapun yang si syariatkan silakan dikerjakan. Kita akan mendapatkan fahala dan manfaat dari sisi kesehatan.

Jadi, Ibadah puasa sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan. Namun demikian, anda betul-betul perlu memperhatikan cara berpuasa, mulai dari syarat, rukun dan hal yang membatalkan puasa agar manfaat dan faedahnya optimal. Khususnya untuk mendapatkan kesehatan yang baik, berpuasa dilarang berbuka dengan makanan yang banyak sehingga merasakan kekenyangan yang lebih. Ini justru akan buruk bagi kesehatan. Inilah contoh orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan manfaat kesehatan dalam puasanya.

Demikianlah artikel singkat tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan, semoga bisa anda pahami dan bermanfaat untuk kita semuanya. Begitu juga dengan saya yang membuat artikel ini, semoga bisa menjalankan ubadah puasa dengan baik sesuai dengan ketentuan syar'i.