10 Tanda Diabetes yang Perlu di Ketahui

kesehatan82 - 10 Tanda Diabetes yang Perlu di Ketahui. Diabetes adalah penyakit gula yang seringkali terjadi dan dialami orang tua. Penyakit diabetes juga disebut dengan kencing manis yaitu kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Penyakit diabetes termasuk penyakit yang tidak memberikan tanda-tanda yang jelas, sehinga banyak orang tidak mengetahui bahwa dirinya terkena diabetes.

10 Tanda Diabetes
Jadi mengetahui 10 tanda-tanda diabetes berikut ini adalah penting, agar sedini mungkin bisa mendapatkan pertolongan dari penyakit diabetes. Di Amerika sekitar 24 juta jiwa menderita diabetes, tetapi hanya 18 juta orang yang tahu bahwa dirinya terkena diabetes atau kencing manis. dan karena hal ini juga maka diabetes dikatakan dengan silnet killer, yaitu penyakit pembunuh secara diam-diam.

Tanda-tanda diabetes tidak akan nampak denga jelas kecuali dengan melakukan pemeriksaan darah. Jadi, kapan anda harus memeriksa darah, perhatikan 10 hal berikut ini, kalau anda mengalaminya segera periksa diri anda kedokter.

10 Tanda Diabetes yang Perlu di Ketahui

1. Sering haus dan buang air kecil berlebihan
Keitka seseorang menderita diabetes atau kencing manis, pada waktu itu ginjal bekerja ekstra kuat untuk menghilangkan glukosa dalam darah sehingga penderita akan merasa ingin buang air kecil terus menerus. Begitu juga rasa haus, karena sudah terlalu banyak buang iar kecil tentu rasa haus akan terjadi secara beriringan.

2. Kehilangan berat badan secara signifikan
Kelebihan glukosa dalam tubuh akan mengakibatkan penurunan berat badan dengan drastis, 5-10 kilogram akan hilang berat badan dalam masa 2-3 builan. Tentu ini bukan penurunan berat badan yang sehat.

Hormon insulin tidak bisa mengubah glukosa menjadi energi sehingga tubuh mulai mengambil dan memecah protein untuk dijadikan sebagai energi alternatif. Ini tentu akan semakin membahayakan tubuh. Disamping itu, ginjal yang bekerja keras untuk menghilangkan glukosa dalam tubuh mengakibatkan pembakaran kalori sehingga berbahaya bagi ginjal.

3. Rasa lapar yang berlebihan
Tinggi kadal gula dalam darah dan tidak bisa di ubah menjadi energi tentu akan menghambat proses metabolisme. Karena hormon insulin tadi tidak bisa mengirim glukosa kedalam sel maka tubuh mengirim sinyal untuk bisa mendapatkan glukosa lebih banyak agar sel-sel tubuh berfungsi denga baik.

4. Kulit kering
Terjaidnya masalah kulit seperti gatal-gatal dan kulit kering sering menjadi tanda diabetes yang mesti diwaspadai.

5. Luka sulit disembuhkan
Tanda lain dari diabetes adalah sulitnya penyembuhan pada luka atau memar. INi terjadi karena rusaknya pembuluh darah vena dan arteri akibat banyak jumlah glukosa dalam darah. Kondisini membuat darah sulit menjangkau kulit untuk melakukan penyembuhan.

6. Infeksi jamur
Tubuh yang kelebihan glukosa akan menjadi sarang empuk bagi perkembangan bakteri dan jamur. Ini dikarenakan kekebalan tubuh melemah, sehingga tubuh mudah terjangkit infeksi termasuk yang paling mudah adalah terjadinya infeksi jamur.

7. Kelelahan dan marah
Cepat lelah dan sering marah adalah menjadi tanda bahwa seseorang diserang diabetes. Sering bangun malam untuk kencing dan tidur yang tidak nyaman menyebabkan seseorang cepat lelah dan marah. Kondisi ini tentu memberikan tanda bahwa seseorang tidak nyaman dalam keseharinnya.

8. Penglihatan menjadi kabur
Ini adalah akibat dan efek langsung dari tinggi kadar gula darah. Tingginya kadal gula bisa menyebabkan lensa mata rusak dan membuat mata menjadi kabur. Tetapi kondisi ini bisa kembali sembuh dan normal ketika gula darah menurun atau mendekati normal.

Kalau anda tidak mengontrol kadar gula darah maka bisa saja menyebabkan kerusakan mata secara permanen dan kebutaan.

9. Kesemutan dan mati rasa
Tanda diabetes sedang menyarang saraf-saraf anda adalah sering merasa kesemutan dan mati rasa. Kondisi ini kalau dibiarkan bisa menyebabkan mati saraf secara permanen.

10. Tes darah
Tanda lain yaitu tes darah. Tes darah juga tidak hanya sekali, tetapi harus dilakukan beberapa kali untuk memastikan bahwa diabetes positif atau negatif.

Glukosa darah normal adalah 99 mg/dL. Tingkat gula darah 100 sampai 125 mg/dL akan dianggap sebagai pradiabetes.

Demikianlah 10 Tanda Diabetes yang Perlu di Ketahui untuk mendapatkan perawatan secepat mungkin dan agar diabetes bisa disembuhkan dengan baik.

Baca juga: gejala diabetes pada saat hamil